Jumat, 10 Mei 2013

Kaki Kananku, Tulang Punggungku (Jumat, 20 Januari 2012)


          Jam 10.30 WIB gue berangkat dari rumah ke RSCM untuk ambil hasil cek darahnya Nyokap. Sempet ada pertentangan antara gue dan Bokap - Nyokap gue. Sebenernya jam 3 sore gue mau UAS, jadi Bo - Nyok memaksa gue untuk stay di rumah supaya belajar, bukannya pergi kemana tau. Tapi gue tetep ke RSCM untuk lihat hasil INR. Just for info, Nyokap memang mengalami penggumpalan darah di pembuluh darahnya. Jadi harus makan Simarc dengan dosis tertentu. Kalau INR - nya melebihi batas normal, Nyokap bisa mimisan, badan lebam - lebam, gampang luka. Yaa,, Gejala kalo orang darahnya terlalu cair lah :-) Makanya gue harus ambil hasil tes darah itu, supaya tau hasilnya berapa. Setidaknya kalo udah melebihi batas normal, dosis Simarc yang dimakan bisa dikonsultasikan ke dokter yang bersangkutan.

          Dari rumah, gue ambil angkot ke arah Manggarai, terus gue naek Bemo. Ternyata kendaraan ini masih "bertahan hidup" di Jakarta, meramaikan Terminal Manggarai yang sudah penuh dengan Metromini, Kopaja, Trans Jakarta, bahkan Bajaj "sodara kandung" - nya sendiri. Gue menghampiri sebuah Bemo berwarna biru muda dengan perasaan ganjil, karena supirnya gak ada. Biasanya kan kalo angkot ngetem pasti ada supirnya, mesinnya juga nyala. Gue takut jangan - jangan ini Bemo gak narik, tapi setelah gue tanya orang di sekitar situ akhirnya gue memberanikan diri untuk naik. Gue jadi penumpang pertama yang duduk di dalam Bemo kosong itu, celingukan kayak orang kampung lagi hijrah ke kota.

           Sebelum naik ke dalam Bemo itu, sebenernya gue lihat Bapak - bapak pake baju kotak - kotak yang berjalan ke arah Bemo. Bapak berumur 60 tahunan ini mantan pasien operasi amputasi. Pemotongan kaki kiri dari telapak kaki sampai ke dengkul itu mengakibatkan kehadiran 1 buah tongkat yang terhimpit di ketiak yang menemaninya berjalan. Gue pikir kalo Bapak ini adalah pengemis, jadi gue gak terlalu memperdulikan kehadiran dia, gue tetep jalan ke arah Bemo dan masuk ke dalamnya.

           Gak beberapa lama kemudian, si Bapak tersebut membuka pintu Bemo dan masuk ke dalam Bemo. Ia meletakkan tongkatnya di sebelah kanannya, persis di pintu Bemo, dan itu muat, gak ada yang nge - ganjel, lalu ia menutup pintu Bemo. Gue kaget banget, 'Jadi ini supirnya ?', gumam gue. Sumpah, gueunderestimate sama si Supir yang punya kaki buntung itu. Gue negative thinking kalo nanti kami akan tabrakan karena kaki si Supir yang gak normal. Gimana dia nginjek rem dan kopling kalo kakinya cuma 1 ? Setelah si Supir menghidupkan mesin, Sang Bemo Tersayang pun mulai berjalan, mulus banget. Gue perhatiin di sebelah kiri ada batangan besi yang di salah satu ujungnya rata. Gue memperhatikan dan menelaah, sepertinya itu jadi alat bantu si Supir untuk menginjak rem dan kopling. Gue sih hanya melihat gas di bawah stir Bemo, tapi kalo Bemo itu punya persneling/gigi selayaknya mobil, otomatis dia pasti punya kopling yang harus diinjek donk ? Pasti ada rem yang harus diinjek juga.

          Secara refleks pun gue merekam kejadian ini pake HP CB gue, dengan cara candid tentunya. Video yang berdurasi 4 menit 16 detik ini mencoba merekam secara jelas posisi kaki si Supir saat bekerja, sekaligus berusaha menunjukkan bahwa Supir itu benar2 menjalankan Bemo - nya dengan satu kaki, cuma kaki di sebelah kanan. Bemo itu membawa gue sampe di depan Jalan Kimia dengan selamat, bahkan Sang Supir sempet senyum ke arah gue disaat gue memindahtangankan sedikit uang ke tangannya.

          Tuhan punya rencana, dia sengaja menyuruh gue untuk jugul (bahasa Batak - nya keras kepala), melawan saran dari Bo - Nyok, supaya gue melihat kejadian amazing tadi. Jujur, ini pertama kalinya gue naek angkutan umum yang kaki Supirnya cuma sebelah. Takut, tapi seneng. Gue acungi 2 jempol untuk si Supir Bemo yang struggle of life - nya tinggi. Di tengah keterbatasannya, dia tetep bekerja nyari duit. Kita yang kondisi fisiknya sehat 100 % bahkan 1000 % harus jauh lebih baik dari si Supir Bemo. Tapi yang terjadi, kita malah males - malesan. Emang manusia gitu kok, mentang - mentang di Zona Aman jadi males. Giliran udah di Zona Merah, baru berjuang. Emang sih, orang kalo lagi di kondisi terjepit juga jadi lebih punyadesire untuk berusaha. Tapi dalam berusaha, kita gak harus nunggu "jatuh" dulu kan ?

Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati.



Notes :
Hasil copy paste dari Notes di Facebook "Windy Sitinjak" dengan judul "Kaki Kananku, Tulang Punggungku (Jumat, 20 Januari 2012) oleh Windy Sitinjak (Catatan) pada 20 Januari 2012 pukul 18:38"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar