Kamis, 09 Mei 2013

Happy Mom's Day (Kamis, 22 Desember 2011)


          Siapa yang gak tau sih kalo hari ini adalah Hari Ibu ? Ya, seluruh orang di dunia pasti tau dan merayakan Hari Ibu. Entah kenapa gak ada Hari Bapak. Padahal kan Bapak juga berperan sebagai salah satu orang tua yang T-O-P B-G-T alias TOP BANGET, nyari nafkah, melindungi anak dan istri, jadi pemimpin yang bijak dalam mengambil keputusan. Yaaa,, perannya gak kalah dari seorang Ibu lah. Lagi pula kan setiap manusia mempunyai HAM yang sama, gak boleh ada diskriminasi terhadap suatu perbedaan. Meski orang sering mendudukkan pria di atas wanita, tapi semua orang sama di mata Hukum, apalagi di mata Tuhan. Ya toh ??? Sepertinya Hari Ibu diadakan untuk menghormati perjuangan seluruh Ibu di seluruh dunia yang berani menanggung resiko kematian saat melahirkan, sulitnya membawa dan menjaga kandungan selama 40 minggu, harus bangun tengah malem untuk ganti popok dan bikin susu, momong anak, ngajarin anak, dan masih banyak lagi.

Sekitar 1 minggu yang lalu sahabat gue pernah bilang gini ke gue dalam perjalanan pulang dari kampus,
"Lo mau kasih kado apaan ke Nyokap lo di Hari Ibu nanti ?".
Gue cuma bisa ngejawab pertanyaan itu dengan gelengan kepala sambil berucap, "Gak ngasih apa2".
"Kenapa gak ngasih apa2 ?", lanjut sahabat gue lagi, sepertinya dia kaget.
"Abis gue bingung, mau kasih apaan", jawab gue.
"Ya ampun, lo kasih apaan kek gitu, daster kek, apa kek, kan Nyokap lo sering pake daster tuh".
"Selalu pake daster, bukan sering pake daster. Dasternya dia udah menggunung. Mau gue beliin kue, nanti gulanya naik, kan dia Diabetes. Mau beliin makanan, takut diare. Perutnya sensitif, gampang cepirit. Mau beliin minyak goreng / sembako, gue gak ada duit. Gue kan gak kayak lo, udah bisa nyari duit. Emang lo mau kasih apaan ke Nyokap lo ?"
"Gue mau beliin anjing, Nyokap pernah minta itu. Supaya Nyokap ada temen main. Nyokap gue naksir sama anjingnya temen gue itu, nanti gue cari yang mirip kayak gitu deh".
"Oo,, Bagus tuh. Eh, lagian Nyokap gue gak terlalu peduli sama kado2 kayak gitu. Waktu kami ngerayain ulang tahunnya bulan Agustus kemarin, dia cuma bilang, "Alaahhh,, Udah "bau tanah" pake dirayain ulang tahun segala", sambil terkekeh - kekeh, ya kami cuma ketawa2 aja", cerita gue.
"Tapi lo gak tau kan isi hati Nyokap lo ? Sebenernya Nyokap lo itu seneng kali kalo dikasih sesuatu / kejutan. Lo - nya aja yang gak sadar !".

"Mmm... iya kali. Nanti gue pikirin deh mau kasih apaan".

          That's right ! Gue bukan orang yang sensitif terhadap perasaan orang lain. Sepertinya sahabat gue ini bener2 menghadiahkan seekor anjing ke Nyokapnya. Sebelum kami libur Natal, dia nunjukkin foto seekor anjing Shitzu berwarna hitam - putih di HP - nya.

           Hari ini, setelah gue pulang dari pasar, Abang gue (Anak Ketiga) kirim SMS ke gue, "Dek, lo udah pulang dari pasar / masih di pasar ? Tolong beliin daster untuk Mama donk, nanti uangnya gue ganti".

           Gue bales SMS dia, "Gue udah pulang dari pasar. Nanti siang aja gue balik lagi ke pasar, sekalian nyari kaos kakinya si .... (Anak Pertama)".
"OK", si Abang gue pun bales lagi.

           Setelah itu Bokap manggil2 gue yang lagi ngendon di kamar, "Wiiinn,, Setor muka dulu ke Mama. Lo dicariin tuh. Papa udah bilang kalo lo udah balik dari pasar, tapi Mama gak percaya". Oke, gue akui kalo Bo - Nyok gue emang "gaul" banget, pake bahasa "gue" - "elo".
"Oke", jawab gue.
Gue pun menghampiri Nyokap yang lagi berjemur. Setelah sampe di teras, Nyokap bilang, "OOhh,, Udah pulang. Kapan pulang ? Dari tadi Mama lihatin motor2, siapa tau kau naek ojeg dari pasar".
Gue jawab, "Udah 30 menit yang lalu nyampe rumah. Ini aja udah mandi, nanti siang ke pasar lagi".
"Lah, ngapain ke pasar lagi ? Capek lah kau bolak - balik ke pasar", tanya Nyokap heran.
"Mau beli daster Mama, sama kaos kakinya si .... (Anak Pertama). Tadi kan yang buka cuma tukang ikan, sayur, dan perabotan dapur. Tukang kain belom pada buka jam 7. Paling jam 9 baru pada buka. Tukang daster aja jam 12 baru buka", respon gue.
"Ngapain beli daster Mama ? Udah banyak kan daster Mama".
"Tadi si .... (Anak Ketiga) SMS Windy. Dia nyuruh Windy untuk beli daster Mama, sekarang kan Hari Ibu".
"Oh, iya ya ? Hari Ibu sekarang ? Gak usah lah daster2an, mentahnya aja", sambil senyam - senyum sedikit terkekeh - kekeh. Ekspresi orang yang menolak sesuatu padahal seneng banget mau dikasih sesuatu tersebut.
"Alaaahh,, Bilang aja mau, pake nolak segala", gue pun menggoda Nyokap sambil pasang "mata genit" ala anak kecil.
"Hehe,, Iya. Ya udahlah beli aja. Mama seneng kok".

           Good ! 2 buah daster harus gue cari siang ini untuk Nyokap, pesenan Abang gue. Dan gue cuma bisa nyumbang tenaga. Ya, cuma itu bales jasa dari gue ke Nyokap. Detik ini, gue belom bisa jadi seorang S.IKOM. (Sarjana Ilmu Komunikasi), gue belom kerja dan beliin sembako / alat rumah tangga untuk Nyokap, gue belom bisa ngasih barang apapun ke Nyokap. Gue cuma bisa bales jasa dengan jasa, bukan dengan uang.

            Emang sih, Nyokap suka nyuruh gue ini dan itu. Apa aja disuruh sama dia. Ambilin tali rapia lah, nyikat kamar mandi lah, beresin gudang lah, beliin barang2 ke pasar lah. Sampe pernah waktu itu Nyokap nyuruh gue nambel jalanan depan rumah yang bolong2, jalanan di samping rumah juga gitu. Makanya Nyokap nyuruh gue ke Toko Bangunan untuk beli semen dan pasir, ngaduk2 itu 2 bahan bangunan dan nambel jalanan. Walhasil, di saat temen2 gue partime di sebuah tempat makan pada liburan semester kemarin, gue jadi tukang bangunan di liburan semester yang sama. Sama2 kerja, tapi beda bidang, dan gue gak dapetsalary dari kerjaan gue itu. Haha.. Tapi Nyokap gak cuma nyuruh, dia juga bantin gue kerja. At least, dia kasih instruksi secara detail supaya gue kerja dengan bener.

           My Mom is a stronger woman, you know ? Sebelum kakinya diamputasi, dia sering nyapu jalanan di depan dan di samping rumah, bersihin tanaman di samping rumah, nyuci genteng, bersihin gudang, nambel jalanan yang bolong, ngecet pager dan dinding, naek ke genteng untuk nambel genteng yang bocor, ke Toko Bangunan, apa aja dia kerjain. She is a crazy Mom ? I don't think so ! Just for information, beberapa gigi Nyokap patah waktu ngebangun rumah kami yang sekarang, ini sebabnya dia harus pake gigi palsu. Gue lupa karena kena apa, yang jelas karena bantuin bertukang. Ckckck.. Sampe orang2 bingung, "Ini tukangnya yang mana sih ? Kok ada cewek juga ?". Haha.. Mungkin itu sebabnya kenapa gue jadi nampak seperti cowok. Bahaha...

            Dan yang terpenting, tiap 1 minggu sekali gue harus belanja ke pasar karena gue jadi anak cewek satu2nya di rumah setelah Kakak gue nikah. Ya, cuma itu yang bisa gue kerjain. Gue beli ikan, sayur, kerupuk, bumbu2, buah, atau apapun. That's why kenapa gue sering kepikiran tentang rumah. Karena kalo gue gak belanja, orang rumah gak akan makan. Haha.. Dan gue harus ngatur waktu kapan harus belanja dan mau belanjain barang2 apa aja, serta menjamin keberadaan barang2 itu di rumah. Tentunya, gak pake uang gue. Mmm,,

            Mungkin beberapa temen gue berdecak kagum atas tugas dan tanggung jawab gue ke pasar. Gue jadi Ibu2 diumur gue yang ke - 21 tahun, meski belom nikah. But, i'm not perfect as you see. Gue punya banyak kekurangan yang gak kalian tahu. Emang sih, gue berusaha untuk memberikan yang terbaik ke semua orang, tapi gue cukup sering lalai kok dalam melakukan tugas dan tanggung jawab gue. Hehe.. Semua hal bisa dipelajarin guys. Kalo kata Nyokap gue, "Nangkep tuyul juga bisa dipelajarin kalo mau", hahhaha..

            Entah Nyokap bahagia / gak punya anak kayak gue. Hihihi... Yang jelas gitu deh. Di tengah keterbatasan gue, gue akan selalu do the best, meski lebih sering lalai. Hohoho.. Untuk lo semua yang merasa belom bisa ngebahagiain orang tua, pikir baik2 peran dan fungsi lo di dalam keluarga lo. Mungkin lo belom bisa kasih suatu barang, tapi lo bisa kasih jasa. Atau dengan lo gak berbuat neko2 (nge-drugsfree sex, bunuh orang, masuk penjara, "tekdung"-in anak orang, nyuri / ngerampok, nyumbang berita negatif di media massa, ngelawan perintah Or-Tu, ngebentak Or-Tu), sepertinya Or-Tu lo akan bersyukur punya anak kayak lo. Ocreee cuuyy ??

Happy Mom's Day. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati.



Notes :
Hasil copy paste dari Notes di Facebook "Windy Sitinjak" dengan judul "Happy Mom's Day (Kamis, 22 Desember 2011) oleh Windy Sitinjak (Catatan) pada 22 Desember 2011 pukul 10:47"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar