Kamis, 09 Mei 2013

Senin, 4 April 2011 (2 kebaikan Yesus yang ku sadari)


          Hari ini Nyokap dipindah ke RS swasta di daerah Salemba. Mungkin RS Daerah di Dewi Sartika gak punya alat2 yang lengkap dan mereka gak berani membuat suatu "tindakan", karena keterbatasan mereka. Jujur, gue kaget kalo Nyokap harus dipindah ke RS Swasta itu. Gue negatif thinking, "Apa kondisi Nyokap makin parah ya? Makanya dirujuk ke RS Swasta itu". Tapi kalo emang itu yang terbaik untuk Nyokap, ya gak apa2. RS  Swasta itu diharapkan bisa nyembuhin kaki Nyokap yang udah terlanjur bolong karena penyakit Diabetes Melitusnya. Ya, kalo gulanya rendah, luka itu bisa sembuh. Berhubung gula Nyokap naik turun antara 200 - 400 selama 6 hari, walhasil gak kering2 itu luka. Akhirnya Nyokap puasa, cuma minum susu yang dikasih dari RS. Transfusi darah udah 4 kantong selama 2 hari (Minggu dan Senin). Katanya sih HB-nya jadi 8.4 (yang harusnya 12). Entahlah, gue gak ngerti masalah gitu2an. Tapi Puji Tuhan, setelah transfusi 2 kantong, dari 8.4 jadi 8.6, yang penting ber-efek.

          Sekitar jam 3 siang Kakak gue telpon gue, kebetulan gue lagi di kampus. Kakak gue bilang kalo dia lagi di RS Swasta untuk cari2 ruangan Rawat Inap. Semua petugas bilang, "Kamarnya penuh". Kakak gue baru balik lagi ke RS Daerah jam 7 malem. Terus dia cerita ke gue. Ini cerita Kakak gue :

          Kan gue udah ngiter2 itu RS Dek, petugasnya bilang kalo kamarnya penuh semua. Gue hopeless. Gue jajan Es Doger di depan RS, siap2 mau pulang dengan muka yang layu. Si Tukang Es Doger malah tanya : "Kenapa Neng?". Gue jawab aja, "Dari tadi nyari kamar gak ketemu2 Pak, katanya penuh semua. Ibu saya mau Rawat Inap di sini". Akhinya gue telepon temen gue yang kuliah S2 di situ, siapa tau dia punya "orang dalem". Tapi ternyata temen gue itu gak bisa bantu. Adalah Bapak2 yang duduk si sebelah gue, sama2 minum Es Doger kami, ternyata dia Teknisi di RS itu. Dia tanya ke gue, "Gak dapet kamar Mbak? Ikut saya aja". Akhirnya gue masuk ke RS itu lagi Dek, Bapak itu ngenalin gue sama Kepala Teknisi-nya. Terus Kepala Teknisi-nya itu ngebawa gue ke bagian Registrasi. Akhirnya gue dapet kamar. Waktu gue mau kasih Salam Tempel ke Bapak Teknisi itu, dia malah nolak. Ya udah, gue cuma bilang terima kasih aja. Besok kalo gue ke sana, gue mau kasih kue/buah ke Bapak itu ah. Mama belom denger aja cerita gue ini. Kalo Mama denger, dia harus bersyukur, masih banyak kesempatan untuk hidup. Banyak bantuan yang kita terima.

          Wow.. Gue bersyukur banget dengerin cerita Kakak gue. Ternyata Nyokap bisa dapet kamar. Jujur aja, waktu Kakak gue nyari kamar di RS Swasta itu, posisi gue udah di RS Daerah, lagi beres2in perlengkapan menginap kami. Just for info, kalo salah satu anggota keluarga gue masuk RS, serasa rumah sendiri aja itu RS kami bikin. Ada karpet, termos, baju dan celana, alat mandi, handuk, selimut, bantal, sendal jepit, alat makan (piring, sendok, pisau). Lengkap semuanya! Dan saat itu semua barang udah masuk ke plastik, tinggal angkut aja. Waktu Kakak gue bilang, "Kita gak dapet kamar" (sebelum dia ketemu sama Bapak Teknisi itu), Bokap nyuruh gue untuk bongkar2 bungkusan itu lagi. Banyak cuy, gak mungkin gue bongkar lagi, taro baju ke lemari lagi, nyusun piring dan gelas lagi, ngeluarin perlengkapan yang sangat lengkap lagi. Capek tau!

          Gue gak jadi bongkar2 barang itu. Bukan karena gue males, tapi karena gue yakin hari ini Nyokap bisa pindah ke RS Swasta, pasti dapet kamar, paling lambat malam ini. Jujur aja, gue berdoa. Meski gak secara langsung. Gue cuma bilang di dalem hati, "Tuhan Yesus, tolong kasih kamar untuk Mama". Well, ternyata dapet juga itu kamar. Puji Tuhan. Entah kenapa pegawai RS Swasta itu bilang, "Kamarnya penuh semua, Anda masuk Waiting List aja ya. Tunggu sampai kamarnya kosong". Gubrak!

          Semua barang udah di dalem plastik, termasuk termos yang berisi air panas. Nyokap mau minum, harus pake aer anget supaya gak masuk angin (secara, itu AC di ruangan lumayan bikin beku badan). Untung termos listrik masih ada di ruangan, belom diangkut ke mobil. Bokap nyuruh gue masak air di termos itu, sedikit aja, cuma untuk menghangatkan air itu. Jadi, di dalem termos itu ada besi. Nah, kabel listrik nyolok ke besi itu. Besi jadi panas, menghangatkan air, lama-kelamaan mematangkan air.

          Tapi bodohnya kami, air yang kami masak hanya sedikit, permukaan air ada di bawah besi, air tidak bersentuhan dengan besi itu. Jadi besi itu memanas, tetapi besi itu memanaskan udara, bukan air. Besi itu meledak di dalam termos dan menimbulkan api kecil. Agak gosong deh termos listrik gue. Semoga aja masih bisa dipake. Wait and see lah ya.

          Terus Tetangga Kasur denger keributan kecil karena meledaknya termos listrik itu. Gue bilang Tetangga Kasur karena pasien itu 1 kamar sama Nyokap gue. Jadi 1 kamar ada 3 pasien, satu kamar ada 3 kasur. Akhirnya si Tetangga Kasur itu ngasih sedikit air panas untuk Nyokap supaya air yang diminum Nyokap jadi anget.

          Kalo gue inget2, itulah "buah yang gue petik setelah gue menanam pohon". Waktu hari Selasa, hari kedua Nyokap Rawat Inap, gue jaga malem (karena Rabu gue kuliah jam 10 pagi). Ada Tetangga Kasur orang Batak, tapi non-Kristen. Dia ngeliat gue masak air pake termos listrik. Terus dia minta, ya udah gue kasih. Terus beberapa hari kemudian dia pindah kamar, entah kenapa. Dan hari ini, hari ke-8 Nyokap Rawat Inap, Tetangga Kasur yang baru, memberikan sedikit air panasnya untuk Nyokap. Emang sih, air panas dari Tetangga Kasur itu gak urgent banget untuk Nyokap, tapi itu sudah membuktikan prinsip, "Apa yang kamu tabur, itulah yang akan kamu tuai".

          Well, satu harapan gue : Semoga Nyokap bisa sembuh. Gue emang bukan anak yang selalu patuh, bahkan gue sering nyakitin hati Nyokap. But at least, gue bukan kayak Malin Kundang yang sama sekali gak inget sama Nyokapnya. Thanks untuk orang2 yang sudah berkunjung dan berdoa untuk Nyokap gue. Tuhan Yesus memberkati.



Notes :
Hasil copy paste dari Notes di Facebook "Windy Sitinjak" dengan judul "Senin, 4 April 2011 (2 kebaikan Yesus yang ku sadari) oleh Windy Sitinjak (Catatan) pada 4 April 2011 pukul 22:39"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar