Kamis, 09 Mei 2013

Bude Reno, Mama Kedua - ku (Selasa, 8 November 2011)


          Pukul 13.30 WIB gue dateng ke rumah Bude Reno. Bude yang ngasuh gue sejak lahir, sampe gue umur 5 tahun. Selama 5 tahun dia juga turut membentuk karakter gue. Mungkin itu sebabnya, muka gue agak2 Jawa (banyak orang yang baru pertama kali ketemu sama gue, menyangka kalo gue orang Jawa. Kalo gue ngomong pun agak2 halus dan medok kayak orang Jawa, dan sedikit - sedikit gue juga bisa bahasa Jawa. Padahal sih aslinya Batak banget. Haha.. Kalo sekarang sih, karena pengaruh lingkungan HKBP dan UKI, cara ngomong gue jadi Batak abis. Jiakak..). Bude Reno punya anak 3 orang : Mas Mida, Mbak Yuli, Mas Reno. Gak tau kenapa namanya jadi Bude Reno, padahal si Reno itu anak ketiga. Gue sih belom sempet tanya ke Bude, kenapa namanya dia bukannya Bude Mida (karena anak pertamanya namanya Mida), malah Bude Reno.

          Sejak kecil gue udah diasuh sama keluarganya Bude Reno. Abang2 dan Kakak gue juga diasuh sama mereka. Mas Mida dan Mas Reno gantian nganterin Abang2 dan Kakak gue ke sekolah (waktu TK), nganterin berenang juga. Tapi Abang2 dan Kakak gue cuma sebentar aja diasuhnya. Itu juga bukan "diasuh" namanya, tapi cuma numpang main di rumah Bude. Yang paling lama diasuh itu gue, 5 tahun gitu loh. Bahkan, menurut pengakuan Nyokap, gue sampe dibawa ke arisan komplek sama si Bude Reno. Walhasil tetangga yang lainnya pada bingung, "Ini kenapa anaknya Tante Batak jadi dibawa - bawa mulu sama Bude Reno ?". Dan Bude Reno cuma bisa jawab, "Ini kan anak asuh saya". Haha..

           Kenapa gue harus diasuh ? Karena gak ada lagi orang yang bisa ngasuh gue. Nyokap ngajar (dia kan Guru SD), Bokap kerja, Abang2 dan Kakak gue sekolah. Saat itu di rumah gue sih ada si Ompung (Nyokapnya Nyokap), tapi berhubung dia udah tua dan gak bisa ngomong pake Bahasa Indonesia (cuma bisa pake Bahasa Batak), jadi dia gak bisa ngasuh gue. Jujur, gue pun gak deket sama si Ompung. Jadi, dari kecil gue udah dititipin di rumah Bude Reno. Nyokap ngasuh gue cuma 3 bulan setelah kelahiran. Sisanya, tanggung jawab Bude Reno. Bukannya Nyokap gue lepas tanggung jawab, tapi dia kan harus ngajar juga. Lagi pula si Bude bersedia kok ngasuh gue. Itu sebabnya gue sering dianggap "Anaknya Si Bude". Menurut pengakuan Nyokap, kalo Bude Reno pergi, gue nangis. Tapi kalo Nyokap yang pergi, gue gak nangis. Itu salah satu contoh konkret kalo sebenernya anak kecil itu harus diasuh sama Nyokap kandungnya. Jadilah Anak Mama, jangan jadi Anak Pembantu. Karena anak balita akan deket sama orang yang mengasuhnya, siapapun pengasuh itu.

          Gue sih gak tau secara pasti kenapa Bude Reno mau ngasuh gue. Mungkin karena badan gue SEMOK (SEksi dan montOK) waktu kecil (jadi dia gemes sama gue), atau karena keluarga gue baek sama keluarganya dia (rukun antar tetangga cuuyyy), atau karena kasihan ngeliat gue gak diasuh ? (gak separah itu kali ya. Haha..). Menurut pengakuan Nyokap, dulu si Bude Reno itu jualan Gado2 di sekolahan (entah di sekolahan mana). Tapi setelah dia ngasuh gue, dia berhenti dagang karena ngasuh gue (gue gak tau deh gimana kondisi saat itu, apakah gue anak yang hyperactive sampe Bude berhenti dagang hanya karena untuk ngasuh gue, atau emang dia capek dagang ?).

          Tadinya rumah Bude Reno ada di depan rumah gue, ibarat kata "kepleset nyampe" deh, keluarga kami tetanggaan sama Bude Reno. Tapi mereka pindah rumah sekitar gue umur 4 tahun, dan gue tetep maen ke rumah Bude. Bahkan sampe gue SD pun, gue turut menghadiri pernikahan si Mbak Yuli. Ya, kalo gue maen ke sana, pasti gue disuguhin "sesajen" berupa Mie Rebus (gak pernah Mie Goreng), dan selalu pake telor. Selain membentuk karakter gue, dia juga membentuk badan gue. You know what i mean lah ya. Hehe.. Tiap kali Mie Rebus + Telornya mateng, Bude langsung suguhin ke gue. Dia taruh Mie itu di atas meja, tapi gue selalu lebih milih untuk duduk di bawah. Walhasil, untuk selanjutnya, setiap kali Mie Rebus Telor itu mateng, Bude bilang ke gue, "Ngene, manganne ndeprok". Ya, di situ gue belajar Bahasa Jawa, "Ndeprok", yang artinya "duduk di lantai", ngampar aja gak pake meja dan kursi. Haha.. Dan dia selalu ngipasin Mie Rebus gue sampe agak dingin, jadi bisa gue makan. Ngipasin pake kipas sate. Ups, kenapa gue gak masukin cerita gue ini ke Lomba Kisah Indomie ya. "Ini kisahku". Hahaha..

         Dan gue tidur siang di rumah Bude juga, gue dikelonin. Bener2 deh, berasa Anak Bude banget. Gue aja sampe heran kalo inget masa lalu. Haha.. Bude punya kucing, warnanya putih, entah siapa namanya. Waktu gue maen ke rumah Bude, gue pernah digigit si kucing itu. Di betis kiri gue ada ceplakan taring2 si kucing. Gak berdarah sih, tapi gue shock aja, karena baru pertama kali digigit kucing. Sebenernya kucing itu cuma mau ngajakin gue bercanda. Karena si kucing itu, gue jadi nangis. Langsung deh Bude ngegendong gue. Mmmm... Gue juga suka nyemilin Meses Ceres di rumah Bude. Giliran di suruh makan pake roti, gue gak mau. Tapi kalo nyemilin Mesesnya aja, gue jago bener. Ckckck... Emang benalu banget ya gue. Rugi bandar deh si Bude gue bikin. Haha..

          Gue juga sering diajakin jalan2 sama Bude. Jalannya lumayan jauh, ada kali 500 meter gue diajakin jalan muter2 keliling rumah warga. Dikenalin sama lingkungan tempat tinggal, diajak bersosialisasi. Berasa guru TK aja ya si Bude, ngajakin anak2 jalan2. Tapi itulah baiknya dia, anak tetangga pada dibawa jalan2, termasuk gue. Kayaknya dia jadi pengasuh semua anak, kelihatan banget dia suka sama anak kecil. Walhasil waktu kecil gue punya banyak temen. Setelah gede, mulai deh individualisme gue keluar. Ckckc.. Bude masih inget siapa aja temen gue jalan2 waktu kecil : Puput, Cici, Ivana, Joko. Entah siapa lagi. Dan Bude inget kalo waktu kecil gue bercita - cita pengen jadi Dokter Anak. Dulu gue emang mau jadi dokter, tapi kayaknya gue gak mau jadi Dokter Anak deh. Mungkin gue gak sadar kali waktu ngucapin keinginan gue waktu kecil itu.

          Waktu gue dateng tadi, rumahnya Bude sepi dan gelap. Salah sih gue, datengnya waktu jam tidur siang. Setelah ngetok pintunya sekali, gue langsung melongok ke kaca. Gue lihat Pakde lagi tidur di atas kasur. Gue gak tega banguninnya, akhirnya gue balik ke rumah. Nanti sore aja dateng lagi, masih banyak waktu kok.


          Pukul 17.00 WIB gue balik lagi ke rumah Bude dan mendapati rumahnya terang benderang. Bude sakit asam urat, kayaknya. Yang gue bingung, kenapa kakinya luka, bolong,terus lukanya melebar, kayak orang yang sakit Diabetes Melitus. Kakinya lagi dikompres sama Rivanol waktu gue dateng tadi. Tapi dikompresnya cuma 30 menit, itu juga kalo lagi mandi. Bolong di kakinya mengeluarkan cairan kayak getah, bukan nanah. Kalo bernanah kan ngebet tuh rasanya. Sakit banget deh. Kalo keluarnya sejenis getah gitu, gak sakit sama sekali, itu kata Bude sih. Kata tetangganya Bude, sekarang Bude udah gak bisa jalan. Gue heran banget, separah itukah penyakitnya Bude ? Tapi waktu gue jenguk ke rumahnya, dia lagi nyuci piring. Bude bilang, selama 2 minggu ini dia cuma bisa tidur di kasur, selonjoran kaki. Boleh jalan sih, tapi kalo kebanyakan jalan nanti kakinya bengkak lagi. Kalo lagi ada luka, kayak gitu. Kalo udah kering sih gak apa2 jalan terus. "Kalo jalan cuma kalo mau mandi dan nyuci, selain itu ya tidur aja, ngelempengin kaki. Yang masak dan ke pasar ya Pakde", gitu kata Bude.

           Bude ke dokter yang ada di daerah Kota, gue sih gak tanya nama dokternya siapa dan apa diagnosanya, lha wong aku ndak ngerti yang begituan kok. Bude minta maaf karena gak bisa jenguk Nyokap, dan gue juga minta maaf karena Nyokap juga gak bisa jenguk Bude.
"Sama2 gak bisa jalan, gimana mau jenguk ?", ucap Bude.
"Jalan sih bisa, tapi kalo untuk jarak 200 meter kayaknya agak sulit ya. Bude juga masih bisa jalan kok", jawab gue.

Bude punya warung kecil di rumahnya.
"Tiap siang, anak SMP dateng, maen masuk aja ke rumah, pake sepatu, kotor deh ubin, apalagi kalo hujan, wuiihh,, becek. Mereka bikin minuman mereka sendiri, kasih es batu sendiri, tapi bawelnya minta ampun", cerita Bude.
"Namanya juga anak SMP, masih masa Pubertas, masih pada pecicilan, centil gitu", respon gue.
Anak2 SMP itu beli minuman kayak Jas - Jus, Cola - cola. Biasalah anak SMP, siang2 kan haus. Waktu gue SMP juga tiap pulang sekolah pasti beli Pop Ice, Jus, Es Teh Manis, minuman seger deh. Yang gue heran, kayaknya si Bude jual murah banget dagangannya. Malah gue yang protes karena dia pasang harga murah banget.
"Emangnya Bude gak rugi ? Murah2 amat !", protes gue.
"Lha kalo tak jual mahal kan pada gak mau beli. Kasihan juga anak2nya", jawab Bude.
"Iya juga sih, taktik warung supaya rame", respon gue.

          Gue ngobrol 1 jam di rumah Bude. Ya, semenjak SD gue jarang ke rumah Bude lagi. Setelah pulang sekolah langsung ngedekem di rumah. Apa lagi menginjak SMP, SMA dan kuliah. Wahhh,,, Baru 5 kali gue ke rumah Bude dalam waktu 16 tahun. Ya, kenangan 5 tahun itu gak akan bisa gue lupain. Meskipun gue baru sadar tentang keberadaan diri gue sebagai manusia dalam masyarakat waktu umur 3 tahun. I think, I have short memory. Jadi gue udah lupa sama masa2 kecil gue, kecuali kalo ada orang yang ingetin, kayak Nyokap gue yang ceritain tentang Bude ke gue. Yang gue inget cuma beberapa kejadian, termasuk kejadian yang gue tulis sekarang.

          You know what ? Bude Reno itu Muslim. Sebenernya dulu dia Kristen, tapi pindah ke Islam. Entah karena nikah sama Pakde Reno, atau karena dia tidak memiliki iman dan kepercayaan yang seharusnya, i don't know. Tapi yang jelas, keluarga gue akur2 aja sama keluarganya dia (setau gue sih begitu). Dan apapun agama yang kita percayai, kalo memang kita punya sikap tenggang rasa, kita bisa akur kok sama pemeluk agama lain. Agama hanya alat bagi manusia untuk ber - Tuhan. Masalah IMAN, tergantung pribadi manusia itu sendiri, urusan pribadi dengan Penciptanya lah.

          Itulah sedikit kisah gue tentang Bude Reno. Bude yang baik banget, udah kayak Nyokap gue sendiri. Sekarang Bude umur 64 tahun, beda 3 tahun dari Nyokap gue. Entah si Pakde umur berapa tahun. Tapi ya itu, Bude yang keibuan dan baik luar biasa. Thanks a lot Bude.



Notes :
Hasil copy paste dari Notes di Facebook "Windy Sitinjak" dengan judul "Bude Reno, Mama Kedua-ku (Selasa, 8 November 2011) oleh Windy Sitinjak (Catatan) pada 8 November 2011 pukul 19:58"

2 komentar:

  1. keren banget artikelnya saya suka banget dan jangan lupa kunjungi situs kami jika luang waktu ya
    Titan Gel Gold

    BalasHapus