Jumat, 10 Mei 2013

Mari Belajar dari Shaun The Sheep (Sabtu, 28 April 2012)


          Malam ini saya sengaja untuk menonton film kartun Shaun The Sheep di You Tube karena saya penasaran dengan jalan cerita, konsep, tokoh, dan penampilan film kartun ini. Pertama kali saya mendengar kata "Shaun The Sheep" adalah dari Kakak kandung saya. Ketika itu anak dari Kakak saya sedang berulang tahun dan Ibu saya ingin memberikan mereka hadiah. Kakak saya me-request untuk dibelikan baju bergambar Shaun The Sheep bagi kedua putrinya. Awalnya saya tidak mengerti apa Shaun The Sheep itu, tetapi kemudian Kakak saya menjelaskan bahwa itu adalah salah satu film kartun di televisi. Awalnya pun saya merasa cuek dengan film kartun ini, karena saya merasa aneh dengan judulnya, "Shaun The Sheep", mungkin bisa diplesetkan menjadi "Shoun", alias bihun.

          Saya pernah melihat boneka Shaun The Sheep di sebuah mall dan berniat membawanya pulang untuk kemudian diberikan kepada kedua keponakan saya, tetapi sepertinya keponakan saya sudah memilikinya, saya pun batal membelinya. Beberapa kali melihat boneka tersebut, saya menjadi ingin memilikinya, meskipun dari segi usia, saya tidak pantas lagi untuk mengidolakan boneka sebagai barang kebutuhan utama.

          Selasa, 24 April 2012, saya pergi ke sebuah mall bersama sahabat saya. Saya kembali melihat boneka Shaun The Sheep dan menemukan 3 karakter tokoh di sana, yaitu Shaun (tokoh utama yang selalu tampil dengan kecerdasannya, sangat tergambar di film), Timmy (domba terkecil yang selalu ngempeng), dan satu tokoh lagi yang berbadan besar (saya tidak tahu siapa namanya). Saya sangat ingin membeli boneka itu karena sangat enak untuk dipeluk, gemas rasanya. Tetapi saya perlu berpikir ribuan kali untuk mengeluarkan uang sebesar Rp 50.000 yang akan lebih berguna bila saya belikan buku mata kuliah jurusan saya, ataupun membeli novel yang disadur dari kisah asli.

Sahabat saya pernah berkata, "Emang lo mau beli boneka yang mana ? Kan ada tokoh-tokohnya tuh".
"Hah ? Siapa aja tokohnya ?", jawab saya.
"Gak terlalu tau sih, yang jelas ada si Timmy, domba paling kecil itu", balas sahabat saya.
Saya lanjut melihat-lihat boneka yang lain, berusaha mengalihkan pandangan dan mengurungkan niat untuk membelinya. Sebelum itupun, Abang saya pernah bercerita kalau pada film kartun Shaun The Sheep memang digambarkan beberapa tokoh. Karena saya penasaran, saya berseluncur di You Tube.

Inilah hasil seluncuran saya :
http://www.youtube.com/watch?v=zq7QR3q4RS8&feature=related. "Shaun The Sheep - Frantic Romantic.mp4"

Di dalam film kartun itu saya mendapatkan pelajaran :
1. Dari sosok Shaun (domba kurus dan berpostur tubuh kecil), saya mengambil pelajaran :
a. Jadilah pemimpin yang baik. Meskipun di mata sang Peternak, si Anjing Penggembala-lah yang menggembalakan para kawanan domba itu, tetapi sosok Shaun juga membantu Anjing Penggembala. Kawanan domba mematuhi perintah yang menghimbau dari Shaun.
b. Jadilah si Pemecah Masalah (problem solver). Di setiap episode film kartun ini pasti ada alur ceritanya, ada awal konflik, ada puncak konflik, dan ada pemecahan masalah. Sosok Shaun digambarkan selalu kreatif dalam memecahkan masalahnya.
2.  Dari kawanan domba, saya bisa mengambil pelajaran betapa pentingnya kerja sama itu. Sangat terlihat bahwa mereka saling membantu.

          Pada awalnya saya memang penasaran, mengapa di 2 episode pertama yang saya lihat, hanya ada 1 domba yang menonjol, terlihat sekali jiwa kepemimpinannya, dan sangat cerdas serta kreatif. Saya menduga-duga siapa namanya. Dari judul filmnya "Shaun The Sheep", saya menerjemahkannya sebagai,  "Shaun Si Domba". Saya menduga bahwa sosok domba kurus yang selalu menjadi sorotan utama itu adalah si Shaun. Saya pun secara refleks membuka Google dan mencari teks lagu yang menjadi Soundtrack film kartun ini. Setelah membacanya dan mentranslete teksnya sedikit, saya benar-benar yakin bahwa tokoh utama yang digambarkan sebagai domba pemimpin yang cerdas dan kreatif adalah domba kurus yang agak kecil, itulah si Shaun. Inilah teks lagu Soundtrack Shaun The Sheep.

"Life’s A Treat" Lyrics Shaun The Sheep

You’ve gotta meet this fella
living down on the farm
because he’s pretty cool and mellow
he’s the king of the barn

When there’s mayhem in the meadow
he keeps his crew on track
for all his legendary adventures
they should put up a plaque!

For shaun the sheep
He’s Shaun the sheep
He even mucks about with those who cannot bleat
Keep it in mind
He’s one of a kind
Oh … life’s a treat with Shaun the Sheep

He’s Shaun the sheep .. He’s Shaun the sheep
He’s Shaun the sheep .. He’s Shaun the sheep
He doesn’t miss a trick or ever lose a beat

Perhaps one day
You’ll find a way
To……
Come and meet with Shaun the sheep

His a brave courageous leader
and he’s not to get recruit
he’s a friendly kinda geezer
who’s remarkably astute
he’s a father of invention
with a charismatic knack
for causing havoc in the pasture
“Behind the farmers back”

He’s Shaun the sheep
He’s Shaun the sheep
he’s not afraid to make the intellectual leap
for brains and gile
with a wink and a smile
You… can’t compete with shaun the sheep

la la la la
la la la la
la la la la la la la la la la la la
la la la la
la la la la
la….
la la la la la la la la

He’s always ready with a trick
to save the day
a good solution’s not a million miles away
within his flock
he’s pure gold
and if his mates get into trouble
he’ll return them to the ….

He’s Shaun the sheep
He’s Shaun the sheep
He even mucks about with those who cannot bleat
Keep it in mind
He’s one of a kind
Oh life’s a treat with Shaun the Sheep

He’s Shaun the sheep .. He’s Shaun the sheep
He’s Shaun the sheep .. He’s Shaun the sheep
He doesn’t miss a trick or ever lose a beat
Perhaps one day
You’ll find a way
To … come and meet with Shaun the sheep
Oh…..
Come and bleat with shaun the sheep

Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati.



Notes :
Hasil copy paste dari Notes di Facebook "Windy Sitinjak" dengan judul "Mari Belajar dari Shaun The Sheep (Sabtu, 28 April 2012) oleh Windy Sitinjak (Catatan) pada 28 April 2012 pukul 23:43"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar