Senin, 06 Mei 2013

Jumat, 3 Desember 2010


          Pagi2 gue telat berangkat. Gue udah niat mau naek ojek sampe kampus. Gak apa2 deh bayar Rp 15.000, yang penting sampe dalam waktu 20 menit. Kalo naek angkot sampenya antara 45 menit sampe 1 jam. Gue udah jalan ke Pengkolan, ternyata gak ada tukang ojek sama sekali. Gila! Kayaknya mereka masih meringkuk di bawah selimut mereka dan memeluk guling mereka dengan mesranya. Memang pagi ini hujan menyambut bangkitnya orang2 dari tidur panjang semalam. Biasanya tukang ojek udah nangkring dengan setia di Pengkolan, tapi pagi tadi Pengkolan sangat2 sepi. Gue terlambat sampe kampus dengan sukses! Gak apa2 lah, resiko.

          Siangnya gue berencana untuk ke Pasar Pramuka untuk beli obatnya Nyokap gue. Tapi Kakak gue telepon ke HP gue, dia bilang, "Capek amat lu ke Pramuka cuma beli obat 2 jenis? Mending lu ke depannya RS XXX (maaf, nama lembaga saya sensor). Kan di sekitar situ banyak Apotek. Deket dari kampus lu pula". Well, gue manut wae sama perkataan Kakak gue. Gue nyebrang jembatan di depan kampus dan naek angkot 2 kali. Di dalam angkot gue udah punya rencana, gue akan makan siang di Warung Padang di samping RS itu.

          Setelah sampe di Otista, gue jalan2, berkunjung ke kedua Apotek. Males juga jalannya, panas banget sih! Ckckck.. Setelah selesai beli obat, gue langsung melancarkan rencana gue. Gue pesen Nasi, Tunjang, Es Teh Manis. Dan gue harus merelakan Rp 16.000 keluar dari dompet gue. Agak nyesel juga sih, dengan uang segitu gue bisa beli Kwetiaw Goreng Babi di salah satu Lapo di daerah Cililitan dan mendapatkan porsi yang luar biasa banyak. Tapi emang gue lagi pengen banget makan Tunjang, terpaksa gue royal deh. Hahaha.. Setelah itu gue balik ke kampus karena masih ada kuliah.

          Sore hari, setelah selesai kuliah, kedua sahabat gue boncengan motor. Gue mau coba naek motor. Cuma 1 meter, motor matic yang gue bawa udah oleng gak karuan. Akhirnya motor itu dikembalikan kepada si Empunya. Dari pada itu motor penyok sana-sini, mending gue latihan keseimbangan pake sepeda. Hahaha.. Si Empunya motor pun udah geleng2 kepala sambil menampakkan wajah yang khawatir dan seolah berkata, "Please jangan rusakin motor gue. Soalnya gue gak punya uang untuk reparasi itu motor". Jiakakkak...

           Jam 18.30 WIB gue pulang sama seorang cewek, sahabat gue. Kami gila2an di angkot, duduk paling depan pula, orang2 di belakang pasti lihat kekacauan yang kami buat. Di Belokan, angkot kami tersayang sedang ngetem, nyari penumpang. Dan saat itu ada Pengamen, nyanyi lagu jadul dan lagu dangdut. Gue ikut nyanyi sambil Goyang Jempol. Temen gue udah geleng2 kepala. Dia heran kenapa gue bisa hapal sama teks lagu dangdut yang si pengamen nyanyiin. "Jangankan gedung, gubukpun aku tak punya. Jangankan permata, uangpun aku tiada. Aku merasa orang termiskin di dunia, yang penuh derita bermandikan air mata. Itulah diriku, ku katakan padamu. Agar kau tahu siapa diriku. Sebelum terlanjur, pikir2 dahulu. Sebelum engkau menyesal kemudian". Ya jelas gue hapal. Kalo di kantor Bokap lagi ada acara, pasti ngundang Orkes Dangdut Kampung, bukan penyanyi dangdut yang asli. Hihihi... Jadi sejak kecil gue udah terbiasa sama lagu2 dangdut. Ckckck.. Dan ternyata sang Supir juga Goyang Jari. Di atas setir, jari2 si Supir bergerak-gerak mengikuti irama dangdut dari si Pengamen. Gue sama temen gue ketawa cekikikan. Hohoho... Diem2 Supirnya menikmati lagu juga.

          Angkot kami sampai di depan sebuah Makam di Kalibata, dan bener2 stop di situ. MACET TOTAL! Selama 45 menit, angkot kami hanya berjalan 3 meter. OH MY GOD! Gue udah berganti-ganti posisi duduk, dari posisi tegak, sampe senderan, terus lama2 jadi posisi orang mau tidur, tapi itu mobil kagak jalan2. Dari jumlah penumpang penuh (ada 6 orang berdiri di belakang dan semua bangku terisi penuh), sampe bangku penumpang pada kosong (karena penumpangnya pada turun, gak sabaran mereka), tapi angkot itu tetep mandek.

          Tadinya hanya ada 2 jalur, tapi karena orang2 gak sabar, jalurnya bertambah jadi 3 jalur. Trotoar pun ikut dipake, jadi 4 jalur tersedia. Semua saling ingin mendahului. "Tin..Tin..Tin...", semua mobil dan motor juga saling klakson. Tak ayal, 4 jalur itu semakin tak berbentuk. Mobil dan motor melintang seenak jidat mereka masing2. Semua sama2 egois, kesabaran pun sudah berada di titik akhir. Tapi temen gue tidur dengan tenangnya. Ckckck... Sedangkan gue cuma bisa cengo lihat kelakuan semua manusia yang mengendarai mobil dan motor itu. Semua pada maen salib, nyelak sini-nyelak sana. Sampe ada salah satu penumpang, Bapak2 sekitar umur 45 tahun, bilang ke Supirnya, "Pepet terus mobil depan Pir, jangan kasih jalan!". Dan sang Supir termakan omongan Bapak itu, karena dia juga udah pegel menginjak rem dan kopling (gas-nya cuma diinjek sedikit doank, kan gak bisa jalan sanking macetnya).

          Gue nyeplos sama temen gue yang akhirnya terbangun karena suara Bapak2 tadi, "Wah, jangan sampe ada kecelakaan nih. Jangan sampe ada tabrakan. Orang lagi emosi, kalo mobilnya ditabrak malah makin emosi. Makin ribet dah urusan". Gue sengaja ngomong agak kenceng supaya si supir dan si Bapak Bawel itu denger. Untung gak ada peristiwa saling serempet. Gak tambah macet lah. Yang macet itu jalur ke kanan, ke arah Pancoran. Mungkin karena di Pancoran itu juga sumber macet. Udah hujan, sore2 pula. MACET SUKSES! Ckckckck...

           Si Bapak itu ngomel lagi, "Gak usah kasih jalan Pir, pepet terus mobil depan! Yang dari trotoar itu gak boleh ambil jalan kita! Orang dia yang salah kok! Nanti saya yang jadi saksinya kalo kita sampe ke Meja Pengadilan!". Dan gue bergumam, "Hellooww!! Emang lu siapa?? Kalo udah ada tabrakan yang menyebabkan bumper belakang mobil sedan di depan itu jadi rusak dan body mobil itu jadi kebaret-baret, yang tanggung kerugiannya itu si Supir dan Kondekturnya, lu bisa aja lepas tanggung jawab, kan lu cuma penumpang! Bawel amat sih! Lu tuh cuma pegel di p*nt*t. Sedangkan si Supir, pegel di p*nt*t dan di kaki".

          Suara klakson kendaraan lain juga meramaikan crowded-nya Jakarta. Si Kondektur yang masih berumur 15 tahunan secara refleks membentak kendaraan yang meng-klakson mereka. Ya,, Gertak Sambel aja sih. Hihih... Semua merasakan pegelnya macet, semua mau cepet2 keluar dari kemacetan, semua mau cepet2 sampe rumah, dan semua sama2 egois!

         Saat Anda terjebak dalam kemacetan, yang harus Anda lakukan ialah BERSABAR. Jika Anda TETAP BERSIKAP EGOIS, maka kondisi jalan yang Anda lalui akan SEMAKIN TAK TERATUR karena Anda ingin salib sana-salib sini, sehingga menyebabkan mobil dan motor lain menjadi malang-melintang tak jelas aturan.

          Hati yang gembira adalah obat. Berusahalah bersabar dan hiburlah diri Anda sendiri saat Anda terjebak macet. Bayangkanlah sesuatu yang membuat Anda bahagia, tapi jangan keterusan menghayal dan akhirnya malah menabrak kendaraan di depan Anda. Dengarkan musik atau radio untuk mengalihkan emosi Anda karena macet yang tak berkesudahan. Bersyukurlah karena MASIH BANYAK ORANG YANG JAUH LEBIH MENDERITA dari pada Anda.

          Di jalan, gue di SMS Bokap. Katanya, Nyokap sedirian di rumah. Akhirnya gue gak ikut latihan koor karena : 1. Kejebak macet; 2. Nyokap sendirian di rumah. Ckckck... Merasa berdosa juga karena gak ikut latihan. Ya sudahlah...

Sekian dan terima kasih. Hihihi.. Semoga tulisan saya bermanfaat. God bless you all.




Notes :
Hasil copy paste dari Notes di Facebook "Windy Sitinjak" dengan judul "Jumat, 3 Desember 2010 oleh Windy Sitinjak (Catatan) pada 4 Desember 2010 pukul 20:07"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar