Senin, 06 Mei 2013

Senen, 22 November 2010 (2x Negatif Thinking)


          Gue males banget ke kampus hari ini. Badan pegel, mata ngantuk, otak tidur. Sempurnalah penderitaanmu Nak! Jam 07.10 WIB gue baru berangkat dari rumah. Harusnya gue lewat BIN, biar gak telat sampe kampus. Jadi ngongkos 2 kali sih, tapi yang penting gak terlambat. Karena gue gak niat kuliah, jadi gue lewat Jalan Raya Pasar Minggu yang super duper macet.

          Jam 07.10 sampe jam 07.40 gue nunggu mobil jeputan gue (yang plat mobilnya warna kuning), alias angkutan umum. Hehehe... Selama 30 menit gue berdiri dengan berbagai gaya sanking pegelnya berdiri selama 30 menit. Mmm,, Mungkin emang udah takdir Tuhan kali kalo gue harus lewat jalan macet itu. Karena dengan lewat jalan itu, gue dapet nilai2 kehidupan yang berharga.

          Waktu gue nunggu angkot di pinggir jalan, gue lihat Bapak2 berkumis lebat dan agak serem lagi berdiri juga, gak jauh dari gue. Menurut gue, umur Bapak itu sekitar 50 tahun. Sekitar 10 menit kemudian, Bapak itu menggeser kakinya, jadi agak lebih deket sama gue. Jujur, gue merasa aneh dan sedikit takut, lebih tepatnya "curigation" alias curigaan, jadi berpikir negatif gitu. Tapi gue berusaha stay cool aja, mengendalikan emosi supaya lebih tenang.

          Gak beberapa lama kemudian si Bapak itu malah duduk di meja tempat orang menggelar dagangannya berupa helm. Toko itu sih belom buka, jadi si Bapak itu bisa duduk dengan tenang di meja kosong itu. Terus ada Mas2 bawa belanjaan berat banget, dipikul di kepalanya. Si Bapak itu bilang, "Lewat sini aja Pak". Iya juga sih, lewat depan toko itu aja. Soalnya kalo lewat pinggir trotoar, otomatis terhalang motor2 yang seliweran seenak jidat. Trotoar kan untuk orang, bukan kendaraan! Dan pandangan gue langsung berubah 180 derajat. "Baek juga nih Bapak", pikir gue. Terus gue dan si Bapak itu lempar2an senyum. Untung bukan lempar2an batu ya. Haha,,anarkis banget! Kita lanjutkan.

           Si Bapak itu malah ngajakin gue ngobrol. Dia tanya dengan logatnya yang keras, "Mau kemana?". Gue gak tau itu Bapak datang dari suku apa. Gue jawab, "Mau ke kampus Pak, ke arah Cililitan. Lama banget angkotnya". Si Bapak jawab lagi, "Iya, selain itu macet juga. Jadi tambah lama deh"

           Selanjutnya ada Ibu2 muda yang keluar dari gang dan ketemu sama Bapak2 itu. Mereka ngobrol, tapi gue gak perhatiin isi pembiaraan mereka. Gak berapa lama kemudian ada Mas2 yang keluar dari gang yang sama sambil bawa 2 gelas kopi hitam dan ditaruh di meja tempat si Bapak duduk. Kayaknya di dalem gang itu ada rumah. Menurut dugaan gue, si Bapak itu orang tua dari Ibu2 muda/Mas2 yang keluar dari gang tadi.

            Terus si Bapak dan Mas2 itu buka toko helm mereka. Gue baru tau kalo mereka yang dagang helm, pantes aja Bapak itu duduk di depan toko itu. Intinya, si Bapak itu ternyata orang yang baik. Dan di saat mobil jemputan gue lewat, si Bapak itu langsung senyum sumringah sambil bilang, "Udah dateng tuh angkotnya. Hati2 ya". Gue bales dengan senyuman dan anggukan kepala. Ckckck... Merasa berdosa juga sih gue. Awalnya kan gue menganggap Bapak itu sebagai orang jahat. Negatif thinking gitu deh.

           Di angkot gue lihat Ibu2 sekitar 30 tahun ngeluarin duit, ada 1 lembar Rp 5000 dan 3 lembar Rp 2.000. Dan dia ngambil Rp 2.000 yang agak kumal dan berlipat-lipat, padahal dia masih punya Rp 2.000 yang lebih bagus. Gue langsung bisa baca pikiran dia (dan sebenernya jadi pola pikir masyarakat luas juga, termasuk gue) : "Kalo untuk bayar ongkos, mending pake duit yang jelek aja". Gue juga sering gitu. Kalo kasih persembahan ke gereja pasti uang yang bagus2, tapi kalo untuk ongkos pasti yang kumel2.

           Emang sih, di gereja gue ada himbauan, "Demi kesehatan bersama, jangan kasih persembahan yang kumal/digopu-gopu". Dan memang (menurut gue) dengan kita memberikan uang yang tidak kumal, itu tandanya kita menghormati orang2 di gereja. Jadi prinsipnya, "Uang yang kumal harus diberikan ke orang yag tidak terlalu dihormati". Dan kebiasaan kita yang kasih uang yang dekil ke kondektur, apa itu tandanya kita gak menghormati sang kondektur?

           Padahal kan kita dan kondektur sama2 manusia, termasuk orang2 di gereja (pemimpin agama). Harusnya sama2 kasih uang yang bagus donk, jangan yang dekil. Jangan diskriminatif. Mmm, kayaknya gue harus mengubah pola pikir nih. Semua orang berhak mendapatkan uang yang bagus. Terus, uang2 dekil itu harus dikasih kemana donk? Apa kita balikin ke BI? Kurang kerjaan banget kita? Gak tau lah, gak usah dibahas juga. Intinya sih, sebaiknya kita harus kasih uang yang bersih dan bagus ke semua orang. Jagan kasih uang2 yang kumel. Hehehe,,,

          Gue sampe kampus jam 08.30. "Udah telat 30 menit, pasti gak boleh masuk", pikir gue. Di angkot sih gue pasrah banget, kayaknya gue akan duduk tenang di Perpusatakaan karena gak diizinakan masuk ke kelas. Tapi ternyata Mata Kuliah itu mulai jam 08.30, jadi gue gak terlalu telat, paling telat 5 menit. Tumben banget si Dosen Paling Rajin itu telat 30 menit. Biasanya 30 menit sebelum jam perkuliahan, dia udah sampe kelas, duduk diam di bangkunya dan ber-autis-ria dengan korannya. Hehehe...

           Selanjutnya, siang2 setelah pulang dari kampus, gue ke Mangga Dua Square, beli susu untuk Nyokap. Naek Trans Jakarta (TJ). Lama banget nunggunya. Semua TJ ke arah Kampung Melayu. Ckckck,,, Ya udah, gue transit di Kampung Melayu deh. Gak ada PGC-Ancol sih. Kesel!

          Waktu di Shelter BKN, ada Mas2 berkulit hitam, kayaknya orang Ambon, sekitar umur 35 tahun, naek TJ gue. Dan lagi2 gue negatif thinking. Gak se-parah tadi pagi sih, tapi gue jadi takut-an gitu. Dan sedetik kemudian gue perhatiin Mas2 itu keluarin Kupon. Gue berusaha baca tulisan di Kupon itu, "Natal GGP, Ekklesia V Bekasi, tanggal 12 Desember 2010". Jiah,,, Tenyata dia orang Kristen, kayaknya panitia Natal, soalnya Kupon yang dia pegang banyak banget. Salah deh gue udah negatif thinking ke orang itu.

           Gue pulang dari MangDuSquare jam 14.30 dan sampe rumah jam 15.00. Badan kok pegel ya? Mata sepet juga. Akhirnya gue tidur dan membatalkan niat gue ke Metro TV. Mahasiswa dan Mahasiswi UKI disuruh dateng ke Metro TV lagi, gak tau ada apaan.

          Gue bangun jam 19.00, terus masak. Jam 20.00-21.00 gue nyapu-ngepel. Oh Ibu Cuci Gosok, kapan engkau kembali ke rumahku??? Hua,,, T_T

Ya udah, segitu aja cerita gue untuk hari ini. Makasih udah mau baca curhatan gue. Hehehehe... GBU all.



Notes :
Hasil copy paste dari Notes di Facebook "Windy Sitinjak" yang berjudul "Senen, 22 November 2010 (2x Negative Thinking)" oleh Windy Sitinjak (Catatan) pada 22 November 2010 pukul 22:23"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar