Kamis, 09 Mei 2013

God is Always Bless My Family (Saat Kaki Nyokap Diamputasi)


SELASA, 12 APRIL 2011

          Gue jaga malem. Gantian donk, masa’ Abang gue (si Anak Ketiga) dan Bokap mulu yang Jaga Malem ? Berhubung gue cuma bisa jaga hari Selasa, Jumat, Sabtu, ya gue jaga malem deh hari itu. Kebetulan hari Rabu gue kuliah jam 10 pagi, jadi kemungkinan gak telat sampe kampus karena gue harus mandiin Nyokap jam 06.00 WIB dan kasih makan Nyokap jam 06.30 WIB. Jumat gue bisa jaga karena Sabtu gue libur kuliah. Sabtu gue bisa jaga karena Minggu pasti libur dan gue bebas pilih Ibadah jam 07.00 WIB / 09.30 WIB / 18.00 WIB. Hehehe,,,

          Hari ini gue jaga dengan penuh kenekatan. Karena gue udah lama gak jaga, otomatis pengetahuan gue tentang tugas dan kewajiban sewaktu jaga jadi dipertanyakan banget. Mana gue tau perkembangan kondisi Nyokap kalo gue terlalu autis dengan urusan kuliah gue. Well, gue berangkat pake celana panjang dari rumah, pake kaos belel yang udah bertahun – tahun gue pake, sendal sepatu, sambil memikul tas gue yang penuh berisi pakean dan alat2 perkuliahan gue. Yup, besok dari RS, gue langsung cabut ke kampus, itulahplanning gue. Sebenernya gue mau pake celana pendek aja, tapi Bokap “nyap – nyap”, jadi batal deh pake celana pendek. “Toh juga di sana akan ganti celana pendek juga Pa. Kenapa gak sekalian pake celana pendek aja dari rumah ?”, jawab gue dengan santai. Tapi berhubung RS itu cukup jauh dari rumah, guemanut wae sama kata Bokap, meski awalnya gue sempet misuh2 gak karuan.

          Setelah sampe RS, gue ngobrol2 sama Kakak gue, gue tanya, “Kenapa mesti gue sih yang jaga ? Gue kan gak tau apa2. Nanti kalo salah2 gimana ?”. Kakak gue jawab, “Karena lo cewek. Cewek itu telaten. Se-cuek2-nya cewek, dia akan jauh lebih telaten dari pada cowok. Gak usah takut, telepon gue aja kalo ada apa2. Lo bisa kok.”. Dan sore itu Kakak gue bilang kalo besok Nyokap mau dioperasi. Gue kaget, “Operasi apaan lagi sih ? Dikasih Demang Kedua ?”. Karena operasi pertama dikasih Demang, yaitu mengkikis daging di kaki Nyokap untuk membersihkan lukanya dan dikasih obat. Entah gimana prosesnya. Sepertinya otak gue gak sampe untuk memahami semua Ilmu Kedokteran itu. Gue sempet lihat foto kaki Nyokap gue yang bolong pada telapak kaki di HP si Anak Ketiga, kelihatan tulang kakinya berwarna putih. Merinding dan miris gue lihatnya.

“Gak, besok Mama mau diamputasi kakinya”, jawab Kakak gue, si Anak Kedua. Dengan muka yang cukup layu, Kakak gue ngungkapin hal ini.

          Gue makin cengo. Dengan tatapan kosong, ditambah mulut yang mangap selebar goa, itulah ekspresi muka gue saat Kakak gue kasih kabar yang sangat miris, bikin dunia gue serasa runtuh berkeping – keping. Jujur aja, gue jadi merasa gak berguna sebagai anak, masa’ Nyokapnya mau diamputasi tapi anaknya gak tau sama sekali ? Terlalu sibuk kuliah nih gue ! Akhirnya Kakak gue cerita, “Dari pada infeksinya makin menjalar ke atas, mending dihentikan. Amputasi 10 cm di bawah lutut. Kalo gak dipotong, infeksinya makin nyebar dan bisa dipotong sampe pangkal paha. Mending gitu sih, dari pada mengancam nyawa juga”.

          Melam itu gue jaga sendiri, gak PD sih, takut banget lah. Takut kalo operasi besok gak berhasil, takut salah ngerjain Tugas Jaga Malem. Walhasil, dikit2 gue telepon Kakak gue untuk  tanya ini – itu. Dari pada salah tindakan, mending gue tanya. Toh juga Kakak gue dokter, dia jauh lebih paham tentang begituan.

         Waktu jam 20.00 WIB, setelah selese makan malem, gue ngobrol sama Nyokap. Gak ada ekspresi takut di wajahnya, datar2 aja. Dia tanya dengan tenang, “Besok dipotong seberapa sih ?”
Gue langsung ambil penggaris dari tempat pensil gue. Yah, penggaris mini berukuran 30 cm bisa lah untuk mengukur 10 cm dari lutut ke bawah. Kebetulan di tas gue ada penggaris, perlengkapan untuk kuliah besok.
“Segini Mak”, jawab gue.
“Oh”, Nyokap tetep tenang.
“Potongnya pake gergaji yang untuk motong kayu ya ? Yang kayak gergajinya si Zainal itu ? Srek,, Srok,, Srek,, Srok,,”, tanya Nyokap tetap tenang tapi sambil cengar – cengir dan mempraktekkan orang yang sedang menggergaji.
“Busyet, kagak pake gergaji kayu lah. Terus nanti si Zainal yang gergaji kaki Mama ya ?”, kami cengengesan bareng. Imajinasi yang buruk, motong kaki orang pake gergaji kayu. Ckckck...
“Ya mungkin pake gergaji, tapi gergaji khusus”, lanjut gue.
Nyokap cuma senyum, tapi gue yang miris dalem hati. Just for info, Zainal itu tukang bangunan langganan keluarga gue. Hehe,,
“Ya udahlah, dari pada sakitnya gak hilang2, mending dipotong. Aduh, kalo udah ngamuk itu kaki, sakitnya gak ketolongan. Kayak waktu di RSUD itu, jam 9 pagi sampe jam 1 siang masih sakit, gak ada yang bisa nolongin lah”, cerita Nyokap dengan penuh ekspresi.

          Terus si suster dateng dan ngomong sama gue, “Mbak, gulanya Ibu Sella berapa ? Udah di cek belom ?”. Ya, semua Dokter dan Suster di Lantai 8 itu tau kalo kami (keluarganya Ibu Sella) punya alat2 kedokteran sendiri (kayak Alat Tes Gula dan Alat Uap, karena si Kakak gue itu) dan kami bisa mengoperasikan alat itu, meskipun alat yang kami punya masih terbatas. Jadi mereka lebih gampang untuk lihat perkembangan Nyokap, karena Kakak gue juga ngurusin. Kakak gue malah sampe telepon2an dengan Dokter yang ngerawat Nyokap.
Gue jawab, “Belom Sus, nanti saya cek deh”.
Tapi gue inget pesen Kakak gue, “Kata Dr. RS (maaf, identitas saya sembunyikan), gak usah cek gula lagi”. Meskipun begitu, gue tetep cek gulanya Nyokap. Untung gue cek, karena hasilnya rendah banget, 64 mg/dl. Just for info, gula yang normal itu ukurannya antara 80 – 120 mg/dl, sama kayak tensi normalnya 120/80 (120 per 80). Kayaknya sih normalnya segitu. Heheh,, Eike udah lupa Cyinn..

         Akhirnya si Dokter Jaga, Dr. AW (maaf, identitas saya sembunyikan lagi), nyuruh gue ngasih makan ke Nyokap. Gue kasih 1 buah pisang besar yang utuh dan 1 gelas susu NC (maaf, nama produk dirahasiakan). Lalu 1 jam kemudian gue tes gulanya jadi 119 mg/dl. Terus Nyokap disuntik Novo Rapid, sebanyak 12 unit. Walhasil setelah disuntik, gulanya balik ke 64 lagi. Si Dokter Jaga bilang, “Kasih makan yang banyak ya, cemilan apa kek gitu, supaya gulanya naik lagi. Jam 12 malem sampe jam 2 subuh juga dikasih cemilan, itulah jatah makan pagi dan makan siangnya untuk besok. Besok kan mau dioperasi, jadi harus puasa 8 jam (dari jam 2 subuh sampe jam 8 pagi). Makan sekarang aja, biar besok ada tenaga. Jangan sampai besok batal operasi, karena semuanya sudah dipersiapkan”.

          Gue makin panik, mau gue kasih cemilan apaan ? Nyokap gue gak pernah ngemil, paling2 makanannya cuma sayur kalo di rumah. Akhirnya gue kasih roti coklat dan roti tawar, tapi coklatnya gue yang makanin, takut gulanya “lari kuda” alias makin tinggi. Terus jam 12 malem disuntik Lantus, sebanyak 12 unit juga (jenis Insulin yang daya kerjanya lama dan kuat, bisa bertahan selama 8 - 10 jam. Ya, itu kata Dr. AW). Tiap jam 10 malem, Nyokap emang harus disuntik Lantus untuk mengontrol gulanya. Berhubung Novo Rapidnya baru disuntik jam 10 malem, jadi suntik Lantusnya mundur, jadi jam 12 malem. Setelah gue cek gula lagi, setelah makan roti dan susu, hasilnya 127 mg/dl. Jadi secara logika, Nyokap disuruh makan dan minum banyak supaya besok pagi dan siang gak makan (karena lagi dioperasi). Tapi di sisi lain, suntik insulin juga harus dikasih supaya gulanya tetap stabil. Lebih baik gulanya “lari kuda” dari pada drop. Karena kalo gulanya terlalu rendah, si penderita akan pingsan dan mungkin “the end”. Amit2 cabang bayi deh! Kalo gulanya tinggi, bisa “mainin” insulin, mau berapa unit pun jadilah.

          Malem itu gue bener2 gak tidur sampe jam 2 subuh. Gue kasih 3 gelas susu NC secara bertahap, ditambah roti2 yang gue celupin ke susu itu. Sampe2 Nyokap kembung karena kebanyakan minum susu dan kekenyangan karena makan roti.

“Ya, mau gimana lagi Mak, si Dokternya nyuruh gitu. Makan dan minum banyak supaya besok ada tenaga untuk operasi”, itulah alasan yang gue bilang tiap kali Nyokap tanya, “Kok saya dikasih makan dan minum mulu ? Kenyang dan kembung nih. Udah lah, nanti malah muntah”. Sebenernya gue kasihan ngeliat Nyokap, tapi mau gimana lagi ? Gue gak ngerti apa2, cuma bisa jalanin perintah dari si Dokter Jaga. Kalo gue se-pinter Kakak gue, mungkin gue bisa ajak debat si Dokter Jaga itu. Hehehe... Dan gue menolak untuk tes gula sebanyak 3 kali dalam jarak waktu 3 jam. Sakit kali cuy ditusuk – tusuk mulu itu jari pake jarum.

          Dr. AW lihat bungkus susu NC, cuma 15 kalori yang tersaji dalam 1 bungkus susu NC. Itu sebabnya Dr. AW suruh gue kasih 3 gelas susu NC. Supaya kebutuhan kalorinya Nyokap bener2 terpenuhi.

           Jam 2 subuh, gue baru tidur, karena jam 2 subuh udah harus puasa, gak boleh makan dan minum apapun. Kalo kemaren2 waktu gue jaga, jam 3 pagi Nyokap bisa bangunin gue untuk minta minum, kalo sekarang kan beda kasus. Terus gue terima SMS dari Kakak gue, “Sebelum tidur, lo dan Mama berdoa dulu ya, supaya Mama tenang untuk menghadapi operasi besok”. Salahnya gue, gue gak berdoa bareng Nyokap, karena gue takut mata gue “banjir” dan Nyokap jadi makin stress plus khawatir. Tapi gue nyuruh Nyokap untuk berdoa sih. Gue mau, dia sendiri menyerahkan dirinya secara penuh ke Tuhan.

           Gue yakin, Nyokap tetep percaya sama Yesus, meskipun dia gak pernah ke gereja karena ribet harus pake tongkat stroke (padahal gue dan Kakak gue udah sering bujuk Nyokap supaya ke gereja). Alesan Nyokap yang terutama sih karena malu, ke gereja pake2 tongkat, ya gue bilang aja, “Ngapain malu. Di gereja ada beberapa orang yang pake tongkat, bahkan kursi roda. Jemaat2 yang Gereja Siang itu banyak yang udah tua. Lagi pula di depan pintu masuk gereja itu ada 2 jalur, ada tangga dan ada tanjakan, jadi kursi roda pun bisa masuk ke gereja. Tangganya juga sengaja dibikin pendek2 pula, jadi Ompung2 pun bisa naikin itu tangga. Lagi pula Tuhan gak lihat fisik Mama, tapi Tuhan lihat hati Mama”. Ya, kali ini komentar gue tampak dewasa sepertinya. Heheh,,, Just for info, Nyokap kena stroke tahun 2007. Jenisnya Stroke in Evolution (kalo gak salah). Nyokap sih pernah 2 minggu terkapar di atas kasur waktu itu, tapi setengah badannya masih bisa digerakan. Nyokap stroke di bagian badan sebelah kiri. Dia pernah dirawat di RS di daerah Cempaka Putih selama 2 bulan non – stop.

           Tapi meskipun Nyokap gak pernah ke gereja, tiap jam 5 subuh dia baca Bible (Alkitab dalam Bahasa Batak) dan nyanyi dari Buku Ende. Hampir tiap lagu buku Ende dia hapal semua ayatnya. Ckckc... Salut. Ya, semenjak dia pensiun sekitar tahun 2007 karena stroke – nya, Nyokap jadi rajin baca Alkitab dan nyanyi2 dari Buku Ende. Dia menyatakan kepada salah satu Saudara Perempuan yang menjenguknya sebelum Operasi Amputasi (dia, berinisial KL, memanggil Nyokap gue dengan sebutan Namboru), “Sejak saya pensiun, kerjaan saya tiap pagi ya baca Bible dan nyanyi dari Buku Ende. Abis, gak ada kerjaan lain”, kata Nyokap gue. Kemudian si KL merespon, “Namboru harusnya bersyukur, karena setelah pensiun Namboru bisa semakin mendekatkan diri pada Tuhan. Bukan karena Namboru gak punya kerjaan makanya Namboru baca Bible, tapi Tuhan memang menginginkan itu. Tuhan mau supaya Namboru baca Bible dan semakin mendekatkan diri ke Dia”. Deg! Dahsyat bener ini orang. Dia bukan seorang Pelayan Gereja, melainkan hanya anggota gereja biasa. Tapi Tuhan memakai KL untuk menyadarkan kami, terutama Nyokap. Nyokap gue cuma ngangguk2 aja dan gue yakin dia ngerti apa yang diomongin si KL.

           Jam 2 subuh itu Nyokap napsu bener waktu nyuruh gue untuk tidur, “Tidurlah kau sana. Gelar karpetmu, pakai selimut itu, jadiin alas tambahan, pakai jaketnya si ... (si Anak Pertama)”. Meskipun Nyokap dalam keadaan sakit, dia masih sempet kasih perhatian ke anggota keluarganya. Good. Karena gue gak tahan sama ocehan Nyokap, gue akhirnya tidur juga di ubin, tapatnya sih pura2 tidur. Heheh,, terus, gue ngintip ke atas kasur, tempat Nyokap tidur. Gue lihat Nyokap dalam kondisi terlentang, sambil lipat tangan, dengan mata tertutup tapi bibir komat – kamit. Gue cuma senyum, terus pura2 tidur lagi. Ya, Nyokap lagi berdoa, menyerahkan operasinya besok. Setelah Nyokap udah tidur (terbukti udah tidur karena posisi tidurnya udah miring kiri, miring kanan, gak terlentang lagi), baru gue yang berdoa. Setelah itu gue SMSin temen2 terdekat gue PPM dan CKWE untuk bantu doa juga. Gue yakin, mereka semua ngedoain Nyokap gue.


RABU, 13 APRIL 2011

           Jam 6 pagi, ada suster yang dateng ke kamar 802 untuk tensi – in Nyokap, hasilnya 160/90. Ternyata tadi malem Nyokap gak tidur, gak tau kenapa. Mungkin laper dan haus karena puasa, atau sedikit cemas akan operasinya hari ini ? Jam 6 pagi gue tes gulanya Nyokap, hasilnya 129 mg/dl. Si Dokter Jaga bilang, “Oke, siap dioperasi”, sambil memasang wajah sumringahnya karena gula Nyokap gue di bawah 200 mg/dl. Seolah sangat sulit menjaga kestabilan kondisi pasien sebelum operasi, jadi kalo sudah terbukti kondisi pasien stabil, maka Dokter itu senang sumringah tiada tara. Hehe,,

            Mulailah pada rempong semua dokter dan suster. Dokter Anestesi yang namanya sama persis kayak nama Kakak gue, minta persetujuan sama gue. Dia jelasin ke gue kalo waktu operasi nanti kemungkinan ada pendarahan. Karena kemaren Nyokap masih disuruh makan Aspilet (obat untuk jantung), padahal seharusnya 1 minggu sebelum operasi, obat itu harus dihentikan. Gue telepon Kakak gue, dan dia ngobrol sama kembarannya itu, kan namanya sama. Hihihi… Kakak gue setuju, dari pada gak jadi dioperasi dan infeksinya makin menjalar ? Lagi pula di RS itu ada Bank Darah, jadi gampang mintanya dan golongan darah A pasti banyak persediaannya.

Jam 8 pagi, gue ngobrol sama Nyokap lagi. Dia tanya, “Nanti kau kuliah gak ?”.
Gue jawab, “Iya Mak”, karena gue pikir kalo operasi ini akan mulus2 aja, gak masalah kalo gue pergi ke kampus dan ninggalin Nyokap. Toh juga setelah selesai kuliah gue bisa sampe RS lagi jam 5 sore. Lagi pula gue bukan dokter yang mau operasi Nyokap. Jadi gak kenapa2 donk kalo gue pergi ke kampus ? Tapi gue gak sadar kalo Nyokap butuh dorongan psikologis. How stupid I’m !
Terus Nyokap bilang, “Tega lah kau, Mamanya dioperasi tapi gak dilihatin. Nanti kalo Mama mati dan kau gak lihat, gimana ?”
Nah loh ??? Gue heran kenapa Nyokap ngomong gitu.
Gue jawab aja, “Banyak operasi yang berhasil kok, jangan takut. Iya deh, Windy bolos kuliah aja hari ini”.
“Tapi kan banyak operasi yang gagal juga”, jawab Nyokap lagi.
“Ya udah, tenang aja, gak apa2 kok”, jawab gue yang sok cool padahal hati gue ketar – ketir, abis Nyokap ngomongnya “menjurus” gitu sih, gimana gue gak jiper ? Yup, saat itu gue sok kuat, supaya Nyokap juga kuat. Sepertinya salah satu anggota dari PPM dan CKWE mencatatkan huruf "I" di absen gue hari ini. Terbukti waktu Rabu depannya gue masuk, gue lihat huruf itu di kolom TANGGAL “13 Apr 11” dan di kolom NAMA “Windy Evy Christina”.

          Jam 08.30 WIB, semua keluarga gue udah ngumpul di Ruang Rawat Inap. Ada Bokap, Nyokap, Anak Pertama, Anak Kedua beserta Suaminya, Anak Ketiga, dan gue. Kami berdoa bersama, Bokap yang mimpin pake Bahasa Batak. Kalo ditranslete sih intinya supaya Nyokap kuat untuk operasi dan supaya operasinya lancar. Unbelievable, Bokap berdoa sambil nangis. Well, bukannya gue ngatain kalo Bokap gue cengeng. Pria juga manusia, punya air mata untuk mengungkapkan kesedihannya. Secara otomastis, Kakak gue juga nangis. Apalagi gue ?! Kalo urat malu gue udah putus, mungkin gue udah guling2an di lantai, sambil sujud, terlentang, tengkurep, mengais – ngais lantai RS yang putih dan licin. Hahah,, Lebay ya. Gue juga nangis, tapi sok2 ngeliat ke arah pintu dan pelan2 menyeka air mata, pura2 batuk supaya ingus gue yang gue sedot gak kedengeran. Hahah,,, Licik...

          Setelah berdoa, Bokap bilang ke Nyokap pake Bahasa Batak, kira2 gini transletannya, “Yang kuat lah kau ya. Jangan “pergi” dulu, masih banyak urusan kita. Kalo dua anak kita udah nikah dan Windy lulus kuliah, barulah kita “pergi” bersama.”. Oh my God, makin “banjir” – lah gue dengernya ! Ya, Bokap pernah cerita ke gue waktu kami berangkat ke RS pake mobil kecil yang sejak tahun 1996 ada di garasi rumah kami dan setia mengantarkan kami kemanapun, “Papa sih rencananya, semua anak2 cowok itu nikah dulu, terus lo lulus kuliah. Baru deh Papa dan Mama “pergi”. Kan udah selesai tuh tanggung jawab kami. Makanya Papa selalu anter2 Mama untuk berobat, check up, periksa ini – itu supaya tetap bertahan kondisinya”. WOW… Itulah pernikahan yang sesungguhnya ! Nikah bukan untuk mengumbar kemesraan di depan banyak orang, bukan juga untuk menyalurkan nafsu birahi secara legal dan meneruskan keturunan, tapi nikah itu berkaitan dengan prinsip KESETIAAAN dan PENGORBANAN, itulah CINTA. Ups,,, kali ini gue sok dewasa lagi kayaknya. Hihihi...

          Jam 9 pagi, Nyokap mulai “ditindak”. Kakak gue memperkirakan sampe jam 11 pagi atau jam 12 siang baru selese, karena operasinya kira2 antara 2 – 3 jam. Tapi jam 12.30 gak selese2, kami takut ada sesuatu yang terjadi. Orang pertama yang tanya2 ke susternya adalah Kakak gue, tapi ternyata operasinya masih berlangsung. Jam 13.30 gue yang tanya, jawabannya masih sama. Akhirnya jam 14.00 operasinya baru selese. PUJI TUHAN BANGET, pasien langsung bisa dibawa ke Ruang Rawat Inap. Padahal Ruang ICU udah disiapin. Kalo konsidinya menurun, pasien akan dioper dari Ruang Operasi ke Ruang ICU. Oh iya, banyak Sodara2 yang dateng untuk lihat Nyokap, mereka nunggu selama 4 jam. WOW.. Jam 10 pagi gue disuruh mandi sama si Anak Pertama. Iya juga sih, dari kemaren sore gue gak mandi, sejak sampe di RS dan denger kabar dari Kakak gue kalo besok Nyokap mau diamputasi. Sampe2, cuma gue aja yang pake celana pendek di Ruang Tunggu Operasi itu. “Kayak anak kampong lo Dek !”, si Anak pertama ngatain gue sambil ketawa2. Sial ! Tapi ia juga sih, penampilan gue yang paling kumel diantara “penghuni” Ruang Tunggu itu. Akhirnya gue balik ke kamar dan mandi. Setelah itu gue balik ke Ruang Tunggu Operasi itu.

          Selama 4 jam nunggu operasinya Nyokap, gue jalan2 di RS. Si Anak Ketiga anter gue ke Bank Darah, ke Kantin, kemana2 deh pokoknya. Di kantin, gue dan Abang gue yang ngocol itu, ngobrolin hal yang serius tentang umur Nyokap. Yaelah,,, Bener2 ye, gue gak selesai2 “ditampar” sama keadaan. Abang gue bilang, “Dek, sebenernya umur Nyokap maksimal tinggal 5 tahun lagi. Jadi selama 5 tahun ini kita punya target untuk melunasi kewajiban kita. Lo lulus kuliah, gue dan Si Anak Pertama nikah”. Gue cuma ngangguk2, tapi di dalam hati gue bilang, “Oh my God, kill me now ! AAARRGGHH !!!”. Sebenernya sih gue maksimal tinggal 2 tahun lagi kuliah, tapi semoga aja gue bisa lulus dalam waktu 3,5 tahun dari kampus Cawang itu. Tapi  sebenernya gue udah tau hal itu dari Kakak gue, dia yang ngomong langsung ke gue, gue lupa kapan dia ngomongin hal itu.

“Umur emang di tangan Tuhan Dek, tapi dokter juga punya prediksi. Dengan penyakit Mama yang udah komplikasi, maksimal 5 tahun dia hidup. Itu pun udah mujizat banget.”, itulah yang dibilang Kakak gue. Setelah gue cerita ke temen gue, dia bilang, “Umur di tangan Tuhan Win, lo berdoa aja”. Ya, terserah Tuhan ajalah. Dia yang memberi, Dia pula yang mengambil.

          Jam 1 siang, orang di dalam Ruangan Operasi ngasih kardus coklat yang diikat tali putih ke pihak keluarga. Itu potongan kaki Nyokap. Sempat ada perdebatan diantara kami pihak keluarga, mau dikemanakan potongan kaki itu ? Kalo ditanam di dekat rumah, gue takut kalo baunya anyir, busuk gitu. Karena pengalaman temen gue yang kaki Sodaranya ditanam di pekarangan rumah, baunya semriwing ! Akhirnya kami memutuskan bahwa potongan kaki itu kami bawa pulang dan kami kubur. Suatu saat nanti, ketika Nyokap ke Surga, kuburan kecil itu digali dan tulang2 kaki itu akan digabungkan dengan tubuh Nyokap. Sepertinya itu suatu keharusan di budaya kami. Lagi pula, Kuburan Kecil itu menjadi tanda bahwa kami menghargai jasa si potongan kaki selama 61 tahun untuk menopang tubuh Nyokap.

          Si Anak Ketiga yang pegangin itu kardus. Terus dia bilang ke gue, “Nih Dek, lo aja yang pegang. Dijaga baik2, jangan sampe ketinggalan. Kalo ketinggalan, nanti dia lari2 nyusul kita ke lantai 8”. Gue langsung merinding sambil bilang “Iiiii….”, ngeri banget ngebayangin potongan kaki loncat2 ngejar2 gue. AAARRGGHHH !!! Di sisi lain, gue lihat Sodara gue ketawa ngikik ke arah gue karena lihat Bahasa Tubuh gue yang merinding ketakutan, rupanya dia mendengarkan percakapan kami. Grr,,, Ketauan deh kalo gue penakut. Ya, meskipun gak penakut amat. Tapi serem kali kalo ngebayangin potongan kaki yang,,, ARRRGGGHHH !!! ENOUGH !

          Jam 2 siang, pasien bisa ditemui oleh pihak keluarga. Di luar pintu Ruang Operasi, Kakak gue bilang ke gue, “Dek, kalo lihat kaki Mama, jangan pasang muka shock ya, nanti Mama jadi drop loh”. Gue cuma ngangguk dan ngebayangin kaki Nyokap yang hampir hilang se – dengkul. Ngeri, serem, takut, sedih, penasaran, semua nyampur aduk kayak Gado2. Lagi pula, kenapa mesti gue sih yang di brieffing kayak gitu ? Kenapa Bokap dan kedua Abang gue gak dikasih brieffing – an yang sama ? Mungkin karena gue cewek yang ekspresif kali ya. Heheh,, Mungkin juga karena gue adalah cewek yang memiliki sifat dasar SENSITIF, jadi langsung “terluka” kalo lihat begituan. Ya, mungkin ini salah satu Terapi Psikis bagi pasien Operasi Amputasi, keluarga sok2 tenang supaya pasien tenang. Pihak keluarga dituntut lebih tabah dari pada pasien, supaya pihak keluarga dapat menenangkan pasien yang kalut. Jujur aja, kami negative thinking. Kalo Nyokap lihat kakinya yang hilang seperempat itu, apakah dia langsung pingsan, atau teriak, atau diam saja, atau nangis. Ah,,, Gak kebayang…

          Setelah operasi pun, gue belom berani lihat kakinya Nyokap. Sumpah, dengkul gue gemeteran, tapi muka gue sok2 senyum. Pengen rasanya buka selimut itu untuk lihat kaki Nyokap. Tapi ngeliat penampakan yang muncul di dalam selimut itupun gue udah merasa ganjil. ‘Ya Tuhan, kakinya gak utuh lagi’, guman gue dalam hati.

          Udah 1 minggu Nyokap di rawat di RS di daerah Otista dan 2 minggu di RS di daerah Salemba, ditambah lagi 2 minggu Berobat Jalan di RS Otista itu. Ya, itu sudah membuat Nyokap nyerah 100 % atas nyeri yang teramat sangat di kakinya. Nyokap jauh lebih yakin dari pada kami. Karena dia melihat orang2 yang still alive bahkan makin sukses setelah diamputasi, Nyokap jadi lebih kuat. Nyokap lihat orang2 itu di sebuah Program TV KA, pembawa acaranya keriting kribo, namanya AFN (maaf, namanya disamarkan). “Ah, kalo mereka bisa, kenapa saya gak bisa ?”, gitu kata Nyokap waktu Vonis Amputasi menghampiri hidupnya. Bahkan setelah Operasi Amputasi Nyokap bilang,“Bah, udah merdeka lah saya, gak ngamuk lagi ini kaki”.

          Sejak dirujuk oleh RSUD ke RS di Salemba, Nyokap langsung dioperasi di RS Salemba. Sebenernya waktu itu Dokter Bedah langsung minta persetujuan dari pihak keluarga untuk melakukan Operasi Amputasi. Tapi kami gak siap untuk itu. Kami rasa, Nyokap pun gak siap dengan hal itu. Akhirnya 1 minggu perawatan di RS Salemba (setelah Demang I), akhirnya Nyokap diamputasi juga. Abis, sakitnya gak hilang2, meskipun udah dikasih Demang.

           Nyokap dirawat inap di RS Otista sejak Senin, 28 Maret 2011. Pindah ke RS di daerah Salemba sekitar Senin, 4 April 2011. Kembali ke rumah kami Kamis, 21 April 2011, saat Hari Kartini. Hari ini, Rabu, 13 Juli 2011, pas banget 3 bulan setelah Operasi Amputasi itu, gue menulis dan merapihkan tulisan gue ini.

           Tapi ada banyak pelajaran yang bisa kami dapatkan. Karena kondisi Nyokap kayak gini, kami yang biasanya sibuk dengan urusan masing2 malah menjadi kerja sama untuk jagain Nyokap, mulai dari mengatur jadwal jaga sampai kumpul keluarga. Banyak doa yang menyertai Nyokap pula, gue percaya itu. Bener apa yang tertulis di Yohanes 16 : 23 – 24 (ayat yang dikasih sama Ibunya Nommensen ke DR. Ingwer Ludwig Nommensen waktu kakinya mengalami cidera karena jatuh dari kereta kuda) : “23. Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa2 kepada – Ku. Aku berkata kepadamu : Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan – Nya kepadamu dalam nama – Ku. 24. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama – Ku. Mintalah, maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu”. Kalo emang kita berdoa secara tekun dan rendah hati, meminta sesuatu kepada Allah, maka Dia akan mengabulkan doa kita, seturut dengan kehendak – Nya. Sama seperti DR. IL. Nommensen yang berdoa kepada Tuhan, meminta kesembuhan bagi kakinya yang patah, kemudian dia ber – nazar bahwa dia akan menghabiskan seluruh hidupnya untuk memberitakan Injil. Ketika Nommensen sembuh, ia menepati janjinya. Ia menjadi Pekabar Injil di Tanah Batak.

           Terkadang Tuhan menggunakan ketidakberdayaan kita untuk menunjukkan kasih karunia – Nya yang tak pernah habis dan mujizat – Nya yang tak bisa diprediksi oleh manusia. Terpujilah Allah Bapa, Yesus, dan Roh Kudus, kini dan selamanya. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati.



Notes :
Hasil copy paste dari Notes di Facebook "Windy Sitinjak" dengan judul "God is Always Bless My Family (Saat Kaki Nyokap Diamputasi) oleh Windy Sitinjak (Catatan) pada 13 Juli 2011 pukul 11:55"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar